C's Steak & Seafood Jakarta

12.10.2013


Review kali ini saya akan sharing pengalaman pertama kali mencoba dinner dengan set menu berbahan dasar Foie Gras. Apa sih foie gras itu? Foie Gras adalah hati angsa, yang umum digunakan sebagai bahan dasar olahan French cuisine. Mungkin ini belum familiar di Indonesia, tapi hidangan ini sangat melekat di benak masyarakat Eropa, khususnya Perancis, Bulgaria, dan Hongaria. Olahan berbahan dasar hati angsa ini juga tergolong makanan paling tua karena sudah dibuat semenjak 2000 tahun lalu.


Foie gras memang terkenal sebagai salah satu hidangan mahal. Makanya ini memang disiapkan special oleh C's Steak & Seafood, Grand Hyatt Jakarta bertemakan Rougie Foie Gras dinner. Dan saya adalah salah satu orang yang beruntung bisa diundang untuk menikmati hidangan special ini secara private bersama beberapa orang foie gras lovers dengan berbagai menu ala French cuisine. 


Ini adalah makan malam yang menurut saya cukup privat, karena hanya ada kami, 10 orang terpilih yang bisa menikmati hidangan special dari chef terbaik di Hotel Grand Hyatt, Jakarta. Disana saya bertemu dengan sepasang suami istri, yang memang mengklaim diri sebagai pecinta foie gras, dan beberapa orang lain dengan berbagai latar belakang budaya, baik lokal maupun bule. They're very friendly and talkative, nice to know them. :)


Amuse Bouche
ini merupakan hidangan pertama yang tampil di hadapan saya. Sebuah appetizer berbentuk mini burger. Untuk pertama kali mencoba foie gras, menu ini cukup enak dengan porsi pas sebagai pembuka. Awalnya saya pikir foie gras berbau, dan rasanya aneh, ternyata saya salah total. Surprisingly, cocok di lidah saya, i like it. 




Foie Gras Nori Terrine, Green Lemon
Masih sebagai pembuka, menu selanjutnya bentuknya mirip kue bolu ya hahaha tapi ini dibuat dari foie gras. Dibagian tengah adalah nori alias rumput laut. Rasanya lumer di mulut. Bahkan menurut couple yang pecinta foie gras, ini enak banget menurut mereka.



Pot Au Feu Foie Gras
Traditional French stew vegetable and beef. Sausnya terasa mirip kuah soup. Disajikan juga dengan kentang, wortel, dan asparagus sebagai pelengkap. Rasa foie gras sangat dominan. Saya suka dengan rasa kuahnya yang gurih. Perpaduan yang pas.



Foie Gras en Croute, mustard sauce, water cress
Nah ini agak unik menurut saya. Foie gras disajikan dalam croissant, yang dibalut juga dengan nori (rumput laut). Saus nya enak, asem manis segar, dan potongan jeruknya sangat menyegarkan dan menghilangkan eneg.



Beef tenderloin, pan fried Foie Gras with black truffle sauce
Tenderloin beef dibuat dengan tingkat kematangan medium rare. Masih bisa dilihat kan bagian dalam daging yang masih merah. Beef nya cukup empuk dan juicy. Disajikan dengan mashed potato lembut dibawah, dan foie gras di bagian atas tentunya. 



Passion Fruit Parfait with banana compote
Finally dessert, ini adalah satu satunya menu yang tidak mengandung foie gras. Dessert ala Perancis yang dibuat dari markisa dengan pisang yang dilumuri sugar sauce yang manis, dengan topping sedikit markisa asli. Penutup yang sangat manis dan pas dalam menetralisir semua menu diatas hehe.



Benar benar pengalaman baru dan menyenangkan bisa dinner bersama teman-teman baru dari berbagai latar belakang dan budaya, dimana bisa share pengalaman travelling dan menikmati Foie Gras Dinner special. Thank you C's Steak & Seafood, Hotel Grand Hyatt, Jakarta. Stay healthy and explore more and more great food. Ciao!

C's Steak & Seafood Restaurant
Hotel Grand Hyatt Jakarta
Jl. Kebon Kacang Raya No.30
Jakarta, Indonesia.
Tel. (021) 2992 1383



0 comments:

Post a Comment