Amazing Black House

10.17.2012

1 comments
Welcome back to Gathering Openrice ke 30 yang bertempat di sebuah cafe baru nan unik , Black House, di Jl. Cililin Raya No. 3, Tirtayasa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Saya sangat beruntung menjadi satu dari beberapa openricers yang juga food blogger untuk mencicipi makanan andalan dari Black House. How lucky we are..

Untuk kalian yang kurang familiar dengan daerah Jakarta Selatan, tapi pengen coba ke Black house, gampang kok. Dari luar bentuk nya memang hanya seperti rumah, kalian tidak salah, karena sebenarnya ini memang rumah sang owner yang disulap menjadi cafe 4 lantai yang punya 7 konsep tema di setiap area ruangan nya, sangat unik.

 
 
Lantai 1 terdiri dari 3 area, yaitu coffee area, books area, dan juga boutique area. Coffee area terletak pas di depan pintu masuk, kalian bisa menikmati kopi yang menjadi salah satu kebanggaan dari Black House dengan ramuan ciamik khas Black house. Lanjut ke books area, disini terdapat semacam mini library, dengan koleksi buku yang terpajang rapih di rak dan sofa yang empuk dan nyaman pasti bikin kamu betah deh. Masih di lantai dasar, di bagian agak dalam adalah boutique area, disini ada beberapa manekin dengan dekorasi yang lebih stylish dan fesyen.

Mari lanjut ke lantai 2. Disini ada candy area & flower area. Aura di lantai 2 ini memang lebih feminin dan manis. Mungkin ini ada hubungannya dengan warna pink pada candy area dan aksen taman dengan nuansa putih yang peaceful banget. Kalian yang cewek pasti suka berlama2 disini. Dekorasi lantai 2 memang seperti nya untuk cewek ya.

Naik lagi ke lantai 3 disambut music area, disinilah bisa ditemukan rak yang berisi pajangan koleksi musik sang owner, genre musik nya sangat bervariasi, tapi saya pribadi suka sama koleksi jadul nya, vintage & keren.

Lantai 4 ini adalah area puncak nya Black House ,roof top outdoor yang berada di paling atas rumah ini di jadikan sebuah open area yang unik, dengan adanya sepedea fixie, barber shop dan juga payphone, sambil foto2 pemandangan malam Jakarta sambil menikmati semilir angin malam bersama teman2 tercinta pasti bikin acara kumpul2 kamu makin seru.

 
 
Chicken Quesadillas
Menu pembuka yang disajikan oleh Black House, terbuat dari tortilla, rasanya crispy, renyah, garing dan harum, isinya terdiri dari cincangan ayam, dicampur dengan bawang bombay yang di tumis, kemudian menggunakan ditambah keju, lalu dipanggang di potong menjadi 8 bagian. Disantap dengan cocolan saus tomat cincang nya akan menambah citarasa yg nikmat.
Price : 55.000

West Coast Burger
Berikut adalah signature dish burger Black House. Yang spesial dari burger ini adalah pattynya yang di buat sendiri dari daging sapi yang rasa nya juicy sekali rasa pattynya, lalu ditambah smoked beef, saute onion, cheese dan bbq sauce yang rasanya enak sekali. Menu ini disajikan dengan salad & french fries, hmm yummy..
Price : 65.000

Spaghetti Oglio with Tuna
ini menu utama favorit saya. Pastanya enak dengan kematangan pas dan kenyal, topping nya menggunakan tuna yang di olah sendiri. Berbeda dengan oglio pasta di tempat lain yg biasanya menggunakan chili powder , di black house pasta oglio nya menggunakan cabe rawit, sehingga menghasilkan pedas yang cukup strong di tenggorokan, but i like it.. spaghetti ini juga dilengkapi dengan garlic bread. Porsi yang pas dan rasanya enak sekali.
Price : 52.000

 
 
Two To Tmanggo
Tidak hanya soal makanan utama, minuman di black house juga unik dan segar. Mari dimulai dengan Two To Tmanggo , terbuat aneka macam mango, mulai dari punch mangga, di dasar ada puding mangga dan diatas menggunakan ice cream mangga. Rasanya sangat segar, manis, dan jangan takut jika ice creamnya sudah mencair maka rasanya tidak akan enak lagi, justru minuman ini makin enak setelah ice cream mangga mencair dan mulai bercampur dengan punch nya. Surprisingly yummy..
Price : 33.000

Peanut Latte
salah satu latte andalan black house, bahan dasarnya adalah kacang, yaitu selai kacang, tampilan art diatasnya berbeda-beda sesuai dengan seni sang barista. Disajikan dalam mug kecil black house. Wajib coba untuk kamu yang penyuka kacang.
Price : 29.000

Flawless
kalau yang ini rasanya hampir mirip fruit punch, ditampilkan cantik dengan potongan sunkist strawberry. Yang special dari minuman ini adalah popping buble yang jika digigit akan terasa manis, nyess bercampur dengan punch. Perpaduan rasa yang unik dan menyegarkan.
Price : 33.000

 
 
Brokat Lace Coffee
Untuk menu ini hanya bisa di pesan jika kamu duduk di boutique area, terlihat dari namanya bukan? sudah berbau2 fashion hhehe.. Ini adalah ice blended yang terbuat dari campuran kopi, coklat, cookies dan rhum, di atasnya diberi whip cream sebagai pelengkap dan coklat parut, plus ada white chocolate sebagai garnish yang cantik, buat pecinta kopi, wajib coba menu ini, really recommended !
Price : 35.000

Eye To Eye Choco
Minuman selanjutnya adalah eye to eye choco. Ini sangat unik dari nama, tampilan, warna, dan rasanya juga sensasional. Ada cara khusus menikmati menu ini, pertama kita tancapkan sedotan sampai dasar gelas dan mulai rasakan dari sedotan, akan terasa perpaduan anggur dan juga coklat, ada sensasi asam dan manis, sangat unik, lalu ambil sendok untuk mencoba pudding caramelnya, akan ada sensasi rasa yang beda di tiap suapan sendok yang masuk ke mulut, tapi semuanya lumer menjadi rasa yang unik dan nikmat..
Price : 33.000

 
 
Double Choco Mousse Pudding
Cake in a jar berupa choco pudding ini, seperti pudding, tekstur jelly nya lebih padat rasa coklat , moussenya terasa sedikit dan di bagian atas ada cream dan juga butiran coklat. Enak.
Price : 33.000

Blueberry Panna Cotta
ini mirip pudding hanya teksturnya beda, lebih lembut, manisnya blueberry pas asam dan manis nya, selai blueberry di bagian atas makin memperkuat rasa blueberrynya.
Price : IDR 33.000

Strawberry Panna Cotta
hampir sama dengan blueberry diatas, cuma beda bahan dasarnya menggunakan strawberry , rasanya asam manis segar plus selai strawberrynya dan beberapa buah strawberry yang segar.
Ini salah satu dessert favorit saya di black house.
Price : 33.000

 
 
Ugly Nutella
brownies ini sangat unik karena tidak menggunakan tepung sama sekali, rasanya lembut dan coklatnya sangat terasa, tidak terlalu manis dan ada sedikit unsur pahit. Tampilannya memang kurang meyakinkan, seperti namanya, ugly nutella, tapi kamu harus coba rasakan sendiri sensasi rasa cake ini, surprisingly yummy.
Price : 36.000

Rainbow Cake
inilah cake paling happening di jakarta saat ini, rainbow cake. Dengan perpaduan warna yang cantik menjadikan cake ini sangat digemari. Rasanya manis, arima dan tampilannya sangat menggoda lidah ya. Cute and yummy cake.
Price : 38.000

Red Velvet
ini juga salah satu cake yang lagi happening, ya red velvet, tekstur nya lembut, creamnya pas tidak terlalu manis jadi gak cepat eneg, disekelilingnya diberi taburan kacang, menambah crunchy jika disantap.
Price : 36.000

Oke itulah menu yang saya coba di black house, semuanya enak enak. Kami pun disambut ramah oleh sang owner yang dengan baik hati menjamu kami dengan menu enak dan sangat friendly. Terimakasih buat Openrice yang sudah mengundang saya ke gathering Black House. I'll be back to black house buat nyoba menu2 lainnya. Sukses buat grand opening Black House, keep a good work and serve a great food. Good place great food with crazy friends. Love you all..

Black House
Jl. Cililin Raya No. 3, Tirtayasa
Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Tel. (021) 72792705
@BlackHouseJKT

 

Birthday at By The Beach

10.08.2012

0 comments
Birthday is a special occasion yang harus dirayakan bersama ditempat yang special juga dong tentunya hehe.. Di tradisi chinese tuh ada kebiasaan untuk makan ikan pas imlek. Pengen makan seafood di pinggir pantai tapi gak bisa keluar dari Jakarta, solusi nya hanya ada di by the beach, EX.

ada di dalam EX lt.2, di connecting antara PI dan EX. Diluar ada tulisan by the beach dengan pintu kayu dan dinding batu2an. Nuansa pantai udah keliatan meskipun baru ngintip dari luar.

suasana & pelayanan
tempat ini dari luar aja udah keliatan keren dengan lantai kayu, dinding dengan batu koral, pohon palem dan lampu yang redup. Interior nya bener2 kayak di pantai dengan ada kursi yang ditata santai, dinding dari batu dan ada pohon di tengah ruangan. tempatnya super duper keren deh.. Tempatnya bersih, nyaman, dan interior nya diatur dengan baik. Pelayanan juga ok. Dari awal kami sudah disambut dengan ramah. Pelayan disana juga dengan ramah membantu kami memesan menu yang enak2. Makanan tersaji cepat dengan tampilan yang baik.

volcano egg beancurd
signature dish dari by the beach ini adalah tahu telur merapi. Bisa liat dong penampakannya yang jumbo bener2 kyk mo meletus.. Tampilan yang sangat unik. Menu khas surabaya yang diolah menjadi lebih menarik. Rasanya sih cukup enak, tapi porsinya menurut saya agak berlebihan, apalagi mengingat ini termasuk menu appetizer, rasanya sih kurang cocok. Bumbu kecapnya terlalu manis, jadi kalo makan kebanyakan tuh agak bikin eneg..
Price : 59.0000

shell crab with salt & chili 
kepiting soka lada garam..ini pengalaman pertama saya makan kepiting soka, ternyata enakk.. kepiting yang digoreng garing dan ditaburi lada garam. Kepitingnya garing diluar dan renyah di dalam, bisa dimakan semuanya, gak usah repot buka cangkang ampe ketusuk2 segala hehehe Meski porsinya termasuk kecil tapi menu ini patut dicoba..
Price : 129.000

deep flying gourami
ini menu favorit saya, gurame goreng kering.. Gurame disini agak beda. Sebelum digoreng sepertinya sudah dibalur tepung jadi crispy nya agak tebal. Ada kremes nya juga jadi bikin makin crunchy kriuk2.. Guramenya juga gak amis.. Yang paling juara adalah sambel nya, pedes total, nampol banget pedesnya.. makin seru deh makannya..
Price : 59.000

Mango 4.2
best of the best.. ini uenakkk banget rasanya.. manis dan ada sedikit asem, tapi yang pasti seger bangett.. Sepertinya bukan dari jus mangga botolan deh, soalnya tidak terlalu encer.. Disajikan di botol yang cukup unik.. Oiya sebotol ini bisa buat 2 orang kok. Disediakan gelas kecil plus es batu biar makin seger.. Me very likey..  
Price : 39.000

Seneng banget rasanya bisa ajak keluarga kesini. Selain makanan nya enak, tempatnya juga nyaman. Jadi kita punya quality time buat ngobrol dan makan tentu nya hehe.. Perut kenyang hati ikut senang bukan hehehe..

By The Beach
eX - Plaza Indonesia Entertainment X'nter, 
Lt. 2 Unit 30-30A, 
Jl. MH. Thamrin Kav. 28-30
Jakarta 10350
Tel. (021) 31990210

Pizza with family

0 comments
sibuk kerja bukanlah menjadi alasan untuk sulit berkumpul bersama keluarga. mumpung lagi pada pulang cepet dari kantor, dan lagi gak masak, jadi ini saat yang tepat untuk kami makan diluar, pilihan gak harus mahal atau mewah, yang penting enak dan quality time with family nya itu loh yang priceless hehe..

lokasi
karena weekday, jadi cari makan yang deket rumah aja. tujuan kali ini adalah ke pizza hut. kebetulan sering kesini dan pas saya dateng ini pizza hut lagi ada promo diskon 50% setiap hari untuk menu berbeda tergantung hari, huaaa kebeneraaann dehh..

suasana & pelayanan
tempatnya bersih dan cukup nyaman, terdiri 2 lantai, bagian bawah untuk smoking area, dan lt 2 khusus untuk non smoking. Pilihan saya di atas aja, demi kenyamanan acara makan dan ngobrol, males kan kalo keganggu asap rokok. Akhirnya kami memilih duduk di sofa aja biar nyaman.. Pelayanan disini juga sangat baik, ramah dan sigap. Good job..

menu
salah satu menu yang pasti kami pesan setiap ke pizza hut adalah ini,
soup & salad IDR 25
berhubung mama saya seorang vegetarian, maka menu ini adalah her favourite. biasanya saya sengaja pesan soup & salad karena jatuhnya lebih hemat, salad untuk mama dan soup nya untuk saya, adil kan, hehe.. seperti biasa saya selalu bertugas mengambil salad di salad bar, sudah terbiasa menyusun sayuran dan buah sampe tinggi ( gak mau rugi banget ) hehehe.. kalo soup, saya suka yang country soup, yang bening, berisi sosis, macaroni, dan sayuran wortel dan buncis..

teriyaki chicken ribs IDR 30an
ini menu baru seperti nya ya, iga ayam dengan saus teriyaki manis dan tambahan wijen diatasnya. Rasanya enak walaupun agak basah dan terlalu manis untuk lidah saya. Maaf saya lupa harga pasti nya, yang saya inget menu ini adalah salah satu menu promo hari itu yang diskon 50% hehe.. Bole dicoba buat yang ngiler yaa..

potato wedges IDR 12
ini menu pendamping salad milik mama saya. Kentang goreng olahan dengan rasa yang gurih dan garing. cocok untuk makanan pembuka.

spaghetti smokesoy chicken IDR 35
ini pesanan adik saya, spaghetti smokesoy. Bentuknya agak beda dengan bolognaise yang basah. Ini cenderung kering mirip aglio olio. Topping ayam hanya diletakkan diatas. Menurut adik saya rasanya enak, bolehlah untuk jadi alternatif menu kalo bosen sama bolognaise.

personal tuna pizza IDR 20an
ini juga kesalahan pesen cuma gara gara promo 50%. saya gak suka tuna, tapi karena penasaran dan diskon, makanya beraniin diri buat nyoba, dan ternyata pas sampe meja, bau tuna nya tuh semerbak banget. sempet nyobain sih satu slice, tapi nyerah dan gak doyan. Akhirnya adik saya yang kebagian tugaas buat ngabisin hahaha..

cola IDR 10an -- orange juice IDR 12an -- avocado float IDR 16an
soal soft drink mah gak usah dibahas lah ya, standar dimanapun rasanya sama, orange juice nya juga sama, diambil dari jus botolan, bukan fresh dari buah asli. Kalo avocado nya baru fresh, ditambah 1 scoop ice cream pula sebgai float, nyam nyam segerr bangett..

kesimpulan
senangnya bisa menghabiskan waktu bersama keluarga. Quality time itu harus dibangun bersama, bukan nunggu kapan sempet, tapi harus disempet sempetin, family is where your heart is.. love yaa!


Classic Bibliothèque!

10.02.2012

3 comments
Weekend saatnya kuliner, cari makan enak dengan suasana baru yang beda dan yang bisa bikin terkesan dong. Tempat yang saya review kali ini adalah salah satunya. Inilah Bibliotheque. Tempat ini adalah restaurant & bar, mengusung konsep dining & lounge menjadikan tempat ini ramai dikunjungi socialita Jakarta setiap harinya.

Lokasi
terletak di area bisnis district Jakarta, yaitu di Sampoerna Strategic Square, Kuningan menjadikan tempat ini mudah diakses dari manapun. Buat yang pertama kali dateng mungkin bisa tanya sama security sini dimana pintu masuknya, soalnya pengalaman saya juga sempet bingung. Dateng on weekend dimana perkantoran itu sepi semua, sempet salah naek lift dari basement haha untungnya diselamatkan security, jadi nyampe juga di Bibliotheque.

Suasana & Pelayanan
Kesan pertama menginjakan kaki disini adalah ambience eropa nya terasa sekali, dengan dekorasi yang besar2 dan terlihat berat. Bibliotheque mengusung tema interior yang unik ala perpustakaan Eropa. Dengan langit2 ruangan yang tinggi, menjadikan ruangan terlihat besar. Tempat ini sangat cocok untuk fine dining atau untuk couple yang ingin romantis romantis ria sama pacar atau pun hangout ramai-ramai bersama teman-teman. Good place.

Menu
Mari dicoba taste dari menu disini mulai dari appetizer sampai dessert *kalap*. Mari mulai dari yang ringan terlebih dahulu, appetizer,

Vegetable Spring Roll.
"fresh lettuce and carrot with glass noodle, mint leave and cashew nut wrapped rice paper and serve with chili lime dressing" terdiri dari aneka macam sayuran segar menjadikan menu ini seperti salad, hanya disajikan dalam bentuk spring roll. Rasanya segar, makin enak jika sambil dicelupkan ke saos nya. Porsi dan rasa cukup baik, pas untuk membuka makan besar kali ini.

Baby Chicken Rosemary
ayam atau anak ayam yah hahaha karena ukurannya memang seperti anak ayam yang mini. dipanggang dan dilumuri saus special. Daging ayam nya cukup empuk dan agak juicy. Saos nya menyatu lembut dengan ayam menghasilkan sensasi rasa yang gurih dan enak. Menu ini disajikan juga dengan baby potatoes dan vegetable. Meskipun terlihat kecil porsi nya, tapi ternyata cukup mengenyangkan loh.

Chicken Barbeque
masih dengan menu chicken. Kali ini adalah chicken BBQ. Setengah ekor ayam yang dipanggang dengan bumbu BBQ, disajikan dengan sweet corn, baked potato, dan sayuran. Saus BBQ disediakan terpisah. Ayamnya empuk dan harum, bumbu bbq nya meresap. Porsi ini juga mengenyangkan dan menyenangkan perut alias enakk hehe..

Evian
untuk minum saya hanya pesan air mineral saja, untuk menetralisir aneka rasa makanan. air putih sangat bagus buat kesehatan tubuh bukan? dan kesehatan kantong, apalagi di resto model begini hahhaha (IMHO harga minumnya too high)

Mari lanjut dengan makanan penutup,

Baklava cashew nut & vanilla ice cream
bentuk nya cantik dan menarik. terdiri dari beberapa cashew nut, rasanya sih standar ya, mirip permen tingting. Hanya disini ditampilkan lebih manis dengan topping vanilla ice cream. Bolehlah menjadi penutup makanan romantis manis.

Mille feuille
kalo ini mirip puff pastry yang berlapis dan terasa manis. Menu ini disajikan juga dengan satu scoop vanilla ice cream dan potongan buah strawberry.

Tempat ini sangat bisa mengesankan tiap orang yang berkunjung kesini. Dengan aneka menu enak2 tadi yang sudah di icip cukup memuaskan, menyegarkan dan menyenangkan hati.

Yummy food never fails to brighten my day..

Bibliothèque
Sampoerna Strategic Square, South Tower, 
LG 30, Jl. Jend. Sudirman Kav. 45-46,
Jakarta 12930
Tel. (021) 57956977 / (021) 57956978


RASANE Seafood Party!

0 comments
Woohoo.. Welcome to 28th Gathering Openrice..
Terima kasih ya buat Openrice yang sudah mengundang saya. Kesempatan ini tidak saya sia-siakan dong. Sebagai pecinta seafood pengorbanan saya lumayan deh buat nyampe ke Rasane, Alam Sutera. Mulai dari ijin gak masuk kantor (hahaha) sampe menempuh rute dari rumah di Jakarta Timur sampe Serpong, semua dijalani dengan senang hati.. Sesuai undangan, saya tiba di Rasane pkl 11.30 dan ternyata belum ada yang hadir (>.<) tapi gpp kok, menunggu itu ibadah sambil melatih kesabaran dan sambil nunggu, jadi bisa foto-foto interior nya lebih leluasa.

Sekitar jam 12 dimulailah acara Gathering ke 28 ini. Seperti biasa, diawali dengan penjelasan singkat dari Rasane yang diwakili oleh Mary. Rasane adalah tempat yang tepat bagi pecinta seafood berkelas dengan kualitas tinggi dan lezat tentunya. Aneka seafood yang tersedia selalu fresh setiap hari. Sebelum mulai acara makan, openricers juga diajak berkeliling melihat hasil laut dari live seafood (masih hidup dan bisa dilihat di akuarium) dan fresh seafood (sudah dalam freezer tapi masih segar).

Disini juga dijelaskan cara membedakan kepiting jantan dan betina. Ini bisa dilihat dari bagian bawah nya, kepiting jantan bentuk nya segitiga (gambar atas), sedangkan kepiting betina agak bulat (gambar bawah). Kandungan kolesterol lebih tinggi di kepiting betina, jadi hati-hati ya makan kepiting, jangan sampai berlebihan..

Rasane terdiri dari 2 lantai. Di masing-masing lantai ada pilihan ruangan indoor (dengan AC) dan outdoor. Berhubung gathering diadakan siang hari, maka demi kenyamanan seluruh openricers, kami ditempatkan di lantai dasar yg ber AC, tapi kami diperbolehkan melihat-lihat ke lantai 2. Tempatnya sangat luas, bersih dan rapih, cocok untuk makan bersama keluarga ataupun teman-teman. Oiya FYI, Rasane akan buka cabang terbaru nya di Tebet pada akhir Juni 2012, dan menurut bocoran, akan ada disc 50% loh untuk menyambut grand opening ini. So, save the date, dan don't miss it!

Saatnya acara makan dimulai. Aneka pilihan menu andalan Rasane mulai berdatangan di meja dan langsung disambut jepretan kamera bak selebritis haha. Inilah kebiasaan openricers sejati, foto dulu, berdoa, baru makan hehehe..

Inilah menu-menu andalan Rasane, mulai dari kiri atas searah jarum jam..

Kepiting Soka Gandum
Kepiting soka adalah kepiting yang sedang mengalami ganti kulit, sehingga cangkangnya masih muda dan lembut sampai bisa dimakan. Kepiting ini dimasak dengan digoreng agar sensasi kriuk-kriuk dari garing nya si cangkang lebih terasa. Apalagi di Rasane, kepiting soka digoreng dan ditaburi dengan gandum, hmm makin lengkap deh sensasi kriuk nya. Enak!

Kepiting Asap
Kepiting asap adalah menu andalan Rasane. Tidak ada kepiting asap selezat ini. Pembuatan kepiting asap cukup memakan waktu, mulai dari menggoreng, dilanjutkan dengan menumis aneka bumbu hingga meresap barulah dibungkus daun dan diasap. Daging kepiting nya lembut dan bumbu nya meresap banget. Dijamin gak bisa berenti makan deh, nagih!

Seafood Basket Manise
Ini menu baru yang akan muncul di buku menu nantinya. Openrice sangat beruntung bisa mencicipi menu ini. Terdiri dari berbagai 7 jenis seafood dan diolah menggunakan 7 bumbu rahasia Rasane, hasilnya luar biasa lezat, gurih, dan agak manis (sedikit beda dari menu lain yang lebih pedas)

Kepiting Telur Asin
untuk menu yang ini saya tidak bisa berkomentar banyak karena tidak sempet nyobain. Tapi dari tampilan sih menarik banget ya. Saus telur asinnya menyelimuti si kepiting jumbo. Mungkin saya bisa coba di cabang baru Rasane di tebet nanti hehe..

Ikan Bakar 3 Cabe
menu ini dimasak dengan menggunakan 3 cabe, yaitu cabe keriting, cabe merah, dan cabe rawit. Rasanya pedas dong pastinya, namun menurut saya masih normal kok pedasnya. Bagi yang memang pecinta pedas, disajikan lagi cabe terpisah. Nah kalo cabe ini dicampur lagi baru deh mantep pedasnya. Jadi makin semangat makannya, makin pedes makin enak. Ada 3 jenis ikan yang tersaji ala bakar 3 cabe, yaitu ikan kuwe, bandeng, dan kerapu.

Udang goreng gandum
udang nya cukup besar digoreng garing dan disajikan dengan taburan gandum yang gurih. Agak mirip dengan kepiting soka sih, karena sama-sama menggunakan gandum. Gandumnya sangat gurih, bahkan salah satu kru openrice sampai pengen minta bungkus gandumnya hahhahaha..

Cumi telur asin
cumi telur asin ini rasanya enak, pperpaduan telur asin dan cumi yang kenyal dan lembut sangat cocok di lidah saya, sayangnya hanya kebagian sedikit hehe..

Inilah menu penetralisir kolesterol dari aneka seafood diatas,
Tauge cah ikan asin
menu sederhana tapi enaknya sepanjang masa. Tauge cah ini rasanya enak dan gurih. Dimasak dengan kematangan pas, jadi tauge masih garing dan tidak terlalu layu.

Pakis cah ebi
menu ini gak sempet icip karena posisinya agak jauh dari posisi duduk saya. Tapi jika melihat piringnya yang ludes tak bersisa sih artinya enak banget nih.

Buncis cah ebi
menu ini sempet icip sedikit sih. Rasanya agak manis gurih dan buncisnya masih segar. Dimasak dengan kematangan yang tepat juga jadi warnanya pun masih cantik ketika disajikan di meja.

Suasana & Pelayanan
resto ini sangat cocok untuk segala kalangan. Dengan tempat yang luas, bersih, dan rapih, menjadikan Rasane sangat cocok untuk berbagai acara, apalagi gathering. Pelayanan juga sangat baik dan ramah.

Senang sekali bisa ikut meramaikan gathering ke 28 ini dan bertemu dengan openricers dan kru openrice yang rame dan seru-seru. Terimakasih buat Openrice, dan Rasane atas tempat, makanan yang lezat, dan pengalaman kuliner yang luar biasa bersama openricers semua. So much fun!! Love to know you all, cheers and see ya!!

Rasane
Alam Sutera Town Centre, 
Jl. Alam Utama Kav.26 (Seberang Flavor Bliss)
Tel. (021) 29211515

 

OF-FISH-CIALLY YUMMY

10.01.2012

0 comments


Familiar dengan kata-kata tadi? Yup, itu adalah tagline dari Manhattan Fish Market, tempat pelabuhan saya untuk bersantap siang kali ini. Manhattan Fish Market ini berada di skybridge lt.3A Grand Indonesia Shopping Town. Jika bingung, kamu tinggal cari aja logo ikan nya, seperti gambar diatas pasti terlihat deh.


Suasana dan pelayanan
disini kita bisa memilih, ingin duduk di indoor yang lebih hangat dengan dominasi ornamen kayu dan wallpaper bata pada dinding, atau lebih memilih duduk diluar (seperti tampak di gambar) agar bisa melihat orang lalu lalang. Outdoor juga bisa jadi pilihan, jika openricers sedang janjian dengan teman, dan dia tidak tahu lokasi resto ini (logikanya kalo duduk didepan kan jadi lebih mudah terlihat) #curhat.. Oke back to the review, tempatnya cukup bagus dengan dekorasi menarik yang tertata rapih dan bersih. Soal pelayanan disini juga cukup baik, mereka ramah dan cukup sigap membantu jika saya perlu sesuatu. I really appriciate that..

Mari sambut menu makan siang kali ini.. Bon Appetit..


Garden Salad
Ceritanya sambil nunggu teman yang belum datang, saya pesan salad ini dulu untuk pembuka. Salad yang saya pilih kali ini full vegetable only. Terdiri dari berbagai sayuran segar, mulai dari lettuce, tomat, parutan wortel, bawang bombay, dan beberapa jenis sayur lain. Disajikan dengan saus mayonaise yang manis dan gurih, menu ini semakin membangkitkan selera makan saya hahaha #alibi
Price : 30.000


Small Flame
ini sangat unik, karena disajikan dalam wajan berukuran kecil, dan berisi fried dory fish, grilled prawn with cheese, french fries, dan garlic rice. Untuk udangnya baru dibakar langsung dihadapan kita menggunakan firegun, jadi aroma cheese diatas udangnya yang meleleh itu langsung makin menggoda untuk disantap secepatnya. Udangnya fresh dan sekali lagi saya harus katakan, aromanya itu akan membuat kamu ngiler seketika deh. Ikan dory nya juga enak, dagingnya lembut, tidak amis, dan rasanya gurih. Untuk nasi nya bukan sekedar nasi putih, tapi seperti ada campuran garlic dan sedikit keju yang bikin rasanya lebih gurih. Nyam nyam nyam. Enakk banget!
Price : 99.000


Gummy bear
Minuman kali ini adalah campuran softdrink warna biru dan putih (gak mau sebut merk) yang dicampur dengan sirup warna kuning di bagian bawah gelas. Kalau menurut indera perasa saya sih itu antara sirup mangga atau jeruk, entahlah, yang pasti sih rasanya enak, seger, asem sedikit (mungkin dari lemon) dan manis. Benar-benar penutup yang manis menu lunch kali ini.
Price : 30.000

semua harga diatas belum termasuk tax 10% dan service charge 5%

Manhattan Fish Market
Grand Indonesia, Skybridge Lt. 3 A Unit FD 06-06A, Jl. MH. Thamrin No. 1,
Jakarta Pusat 10310
Tel. (021) 23581055

Lunch time at White Box

0 comments

Time to lunch! Siang ini pelabuhan tempat isi perut saya kali ini sampai di daerah menteng. Menurut cerita seorang teman, ada sebuah bistro baru yang nyaman dan makanan nya enak. Maka meluncurlah saya kesana.

Lokasi
terletak di Jl. HOS Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat, mungkin untuk new-comer seperti saya, tempat ini kurang begitu terllihat, karena papan namanya kurang eye catching hehe.. Buat patokan aja, cari aja bangunan yang full putih (sesuai dengan namanya, Whitebox) di sejajaran Taman Menteng.



Suasana dan Pelayanan
dengan dominasi warna putih dari depan hingga interior ruangan, menjadikan tempat ini terkesan bersih, lega, dan nyaman. Walaupun sebenarnya, tempat ini tidak terlalu besar, tapi ditata dengan cukup apik dengan kursi, meja, dan hiasan dinding serba putih. Ketika saya datang di siang hari ini, white box sangat nyaman, tidak terlalu ramai, tempat yang tepat untuk menulis review (hehe) sambil menikmati dekorasi nya yang minimalis namun manis, dan sajian makanan nya yang enak. Pelayanan disini juga sangat baik, cepat, dan ramah.

Mari memanjakan perut dengan sajian menu White Box yang menggoda~


Calamari ini adalah salah satu menu appetizer. Begitu disajikan memang porsi nya terlihat sangat sedikit, mungkin karena memang termasuk appetizer jadi porsi nya segitu. Tapi begitu dicoba, ini rasanya sangat enak. Cumi nya garing diluar tapi tetap lembut dan kenyal di dalam. Apalagi jika disantap dengan saus mayo nya yang gurih, hmm yummy.
Price : 29.000


Soup Boentut disini disajikan sudah termasuk nasi putih. Sop buntut nya bening dan gurih, berisi beberapa potong buntut yang empuk dengan tomat dan daun bawang. Tingkat kematangan buntut nya pas. Bawang goreng, acar, dan cabe hijau disajikan terpisah, dan bisa dicampur selera masing-masing. Sop buntut dimakan bersama nasi pulen yang hangat benar-benar makin menghangatkan makan siang kali ini.  
Price : 55.000


Minuman pamungkas siang ini adalah Lychee Ice Tea. Jakarta siang hari yang panas membara ini langsung adem sambil minum lychee ice tea ini. Ditambah ada potongan beberapa buah lychee yang manis menjadikan penutup yang manis acara lunch kali ini.
Price : 18.000

Overall, saya puas menikmati semua dari White Box bistro and deli. Mulai dari suasana, dekorasi, pelayanan, hingga makanan yang variatif dan enak-enak. Harga makanan juga masih cukup terjangkau di kantong. Apalagi belakangan white box sering promo melalui beberapa web voucher, boleh dicoba loh. Sekian dulu review ini, see you then. Ciao!


White Box Bistro and Deli
Jl. HOS Cokroaminoto No.91A
Jakarta Pusat
Tel. (021) 3903999

Y&Y Pasific Place

0 comments

Ingin mencoba makan diatas yacht tapi takut berlayar? hmm, mungkin kamu bisa mencoba tempat ini. Saya sudah lama mengincar untuk bisa kuliner disini, karena tertarik dengan suasananya dan aneka jenis makanan yang ditawarkan, mulai dari sushi, steak, noodle, pizza, rice, dll. Lengkap sekali bukan? dari western, japanese, sampai lokal pun ada. Y&Y ini berada di Pasific Place, salah satu mall di daerah SCBD Sudirman. Y&Y berada di lantai 4 yang memang dikhususkan bagi tenant makanan. Dari luar terlihat cukup terlihat simple tapi exclusive. Kalau tidak berbekal voucher yang saya beli di salah satu web, mungkin agak takut juga masuk kesini karena kesannya agak mahal hehe..  


Suasana & pelayanan
Y&Y menyediakan 2 area, indoor dan outdoor. Dekorasi indoor nya dibuat simple dengan dominasi warna putih dan abu-abu. Sedangkan outdoor nya inilah yang menurut saya lebih special. Ada sebuah yacht (sailing boat) dan mercusuar yang berdiri diatas sebuah kolam, sangat menarik.

Saya dan keluarga tentunya memilih duduk diatas yacht itu hehe. Pelayanan disini sangat baik, kami dilayani dengan sangat friendly dan ramah. Great! Karena penasaran dengan aneka menu yang ditawarkan di Y&Y, maka saya memilih perwakilan dari tiap jenis menu untuk acara dinner kali ini.. Itadakimasu!  


French Fries
French Fries dipilih sebagai appetizer dan mewakili menu western. Seporsi kentang goreng disajikan dalam mangkuk, rasanya gurih dan asin. Tidak ada yang terlalu istimewa soal menu ini, hampir sama dengan di resto fast food. Yang pasti tetep enak kok, lumayan buat ngemil sambil nunggu main course nya datang.  
Price : 25.000


Vegetable sushi
Vegetable sushi adalah perwakilan dari japanese food. Sushi ini terdiri dari full sayuran tanpa daging atau ikan mentah. Menu ini juga cocok untuk yang menganut vegetarian loh. Seporsi ada 2 ukuran, bisa dipilih yang small (isi 3) atau large(isi 6). Sushi nya enak, setiap roll berisi rumput laut yang menggulung nasi berisi sayuran seperti irisan timun, wortel, dan selada. Seger banget.  
Price : 40.000  


Nasi gurih yogya
Nasi gurih yogya ini menu pilihan saya yang mewakili indonesian food. Seporsi menu nasi ini sangat komplit, terdiri dari nasi, orek tempe, bakwan jagung, ayam, asinan, telur, serundeng, dan emping. Agak mirip nasi rames, rasa enak, kental sekali bumbu-bumbu khas indonesia. Pembauran rasa juga terjadi disini, dari orek tempe yang dominan manis, ayam nya yang gurih, telurnya yang pedas dari sambal, asem asin dari si asinan, dan renyah dari si emping hehe. Jika dilihat sekilas memang terlihat sedikit, tapi jika sudah disantap, ternyata menu ini cukup mengenyangkan loh. Puas deh.  
Price : agak lupa untuk menu ini sekitar 40.000 sepertinya.  


Mango juice
Mango juice menjadi penutup yang manis untuk dinner saya kali ini. Memang ini bukan terbuat dari pure juice, melainkan dari jus botolan instan, namun segarnya cukup terasa loh. Rasanya lebih dominan manis dengan unsur asem sedikit. Disajikan dingin sangat segar.  
Price : 18.000

Secara keseluruhan saya menikmati dinner kali ini, dengan dekorasi yang sangat ciamik, makan malam diatas yacht (walopun boongan dan yacht nya gak menjelajahi lautan hehe) tapi quite good kok. Sajian makan aneka jenis, western, japanese, dan indonesian yang enak, dan pelayanan yang ramah menjadikan Y&Y cocok untuk jadi rekomendasi kuliner kamu di akhir pekan. See you at next review, ciao!


Y&Y
Pasific Place #4 - 65 - 72, 
Jl. Jend. Sudirman Kav. 52 - 53, Sudirman,
Jakarta 12190



TEN TEN

0 comments
Perburuan hari ini cari tempat baru di Pondok Indah Mall.. Keseringan kesini sampe bosen mau coba tempat mana lagi. Untungnya ketemu tempat resto Jepang baru yang sepertinya enak dan bagus tempatnya..  

Lokasi
tempatnya ada di PIM 1, lantai 2, ada di sebelah timezone. Di depan outlet nya ada dummy dari aneka menu yang disediakan di ten ten. Ten ten adalah resto Jepang yang menu utama nya adalah aneka tempura. Yang dijadikan tempura tidak hanya udang saja, tapi sayuran juga disajikan dalam bentuk tempura. Desain dan dekor nya bagus, yaitu mengambil icon tempura dan dibuat dalam bentuk kartun yang sangat menarik.  


Suasana & pelayanan
resto ini terdiri dari 2 bagian, ada di dalam dan di luar. Ini bisa jadi alternatif buat pengunjung, jika ingin suasana yang lebi tenang bisa memilih duduk di dalam. Sedangkan jika ingin sambil lihat suasana mall, bisa duduk di luar. Tempatnya bersih dengan dekor minimalis but cute. Pelayanan pun baik, ramah dan cepat dalam penyajian.

Saya sangat suka tempat ini dengan dekor dan desain2 yang ada, baik untuk buku menu, table tag, dll. Agak mirip dengan desain dari resto2 ismaya grup hehehe.. Awalnya saya kira ini salah satu resto baru ismaya, ternyata bukan.. Dari sudut suasana tempat dan lokasi sangat baguss, mari kita coba makanan nya..  


Tempura udon IDR 50
ini pengalaman pertama saya coba udon. Awalnya sih lumayan, tapi lama2 eneg juga ya, karena secara keseluruhan menurut saya rasanya terlalu hambar. Hanya udon yang direbus dengan kuah mirip miso soup. Tampilan tempuranya sangat menggoda, tapi pas dicoba ternyata tidak sebagus penampilannya. Terlalu banyak tepung, walaupun cukup garing tapi udangnya tidak terlalu besar. Standar lah, tidak special.  



Tempura set Beef Teriyaki IDR 50
begitu menu ini tampil di hadapan saya, jujur agak kecewa sih. Di menu tuh gambarnya gede loh, tapi pas hadir, kok dikit banget ya porsinya.. Menu set ini terdiri dari nasi, beef teriyaki, miso soup, mini salad dan tempura tentunya. Untuk beef teriyaki, hmm~ saya agak speechless ya, rasanya biasa banget, malah enakan resto jepang fast food itu deh, porsi juga lebih banyak.. Miso soup nya agak hambar dan standar. Tempura terdiri dari tempura udang, tempura labu, dan tempura sayur.. Soal rasa hmm gak ada rasa. Cuman tepung aja yang berasa. Kalo lidah pengen yang asin, harus minta chili sauce ke mbaknya buat nolong semua rasa dari menu2 disini..  



Parfait chocolate IDR 20
ini yang paling better dari semua menu yang saya pesan. Parfait chocolate yang terdiri dari oreo cookies dengan kacang almond, corn flakes dan ice cream vanilla.. Menu ini berhasil mengobati kekecewaan saya terhadap 2 main course tadi. Ice cream nya berasa susu, manis nya pas, tidak berlebihan, jadi gak bikin eneg. Great..  


Mango peach freeze IDR 18
ini hasil rekomen mbak2nya, menurutnya ini sejenis smoothies, dan salah satu fave disini. Jadi saya coba pesan, eh ternyata hasilnya yg terasa adalah seperti sirup mangga dikasi soda sedikit dan diblender.. rasanya ya biasa aja sih, mirip seperti minuman kaleng hehehe..

ibarat pepatah, dont judge the book from it's cover, itu kejadian di tempat ini. Sebenarnya sayang sekali, ten ten punya kesempatan bagus untuk mencuri perhatian pengunjung apabila ditunjang juga dengan rasa makanan yang oke. Untuk harga dengan menu yg saya rasakan kemarin sepertinya agak terlalu mahal ya. Semoga kedepan bisa lebih baik lagi. Saya tetap suka desain tempat, dan icon kartun si tempura, thats cute! hehe..


Tenten 
Pondok Indah Mall 1, Lantai 2,
Jl. Metro Pondok Indah Blok 3 B, Pondok Indah