Paradise Dynasty CookingClass

7.09.2013


Siapa yang tidak tahu Paradise Dynasty? salah satu Chinese food franchise dari Singapore yang menghadirkan pengalaman berkesan dalam dekorasi mewah dan citarasa makanan khas Shanghai di sebuah mall bergengsi, Plaza Senayan lantai 5. Letaknya sangat strategis karena posisi nya yang dekat eskalator dan Cinema XXI. Sebelumnya saya pernah dinner disini bersama keluarga. Sangat suka menu lamien dan tentu saja signature dish mereka, Xiao Long Bao. 

Beruntungnya, kali ini saya berkesempatan diundang ikut cooking class bersama Groupon dan Paradise Dynasty untuk belajar membuat Xiao Long Bao & Vegetable Bun. Wah, kesempatan emas tidak boleh dilewatkan begitu saja, kapan lagi bisa belajar membuat xiao long bao. Peserta dibagi dalam beberapa kelompok, satu kelompok terdiri dari 4 orang. Bahan-naham sudah disiapkan dari pihak Paradise Dynasty, dan kita bisa langsung belajar praktek sesuai instruksi chef.



Xiao Long Bao
Untuk adonan kulit xiao long bao, campur semua bahan : 120 gram tepung terigu,  putih telur, garam,  pati jagung, dan pewarna, kemudian tambahkan air sedikit demi sedikit secara merata selama 6-8 menit, kemudian dinginkan di lemari es. Ambil adonan dari lemari es 10 menit sebelum digunakan. Potong adonan kira-kira 5 gram sepanjang kurang lebih 2 cm. Gunakan rolling pin dan ratakan adonan untuk membentuk sebuah lingkaran sekitar 6,5 cm diameter.

  
Untuk isiannya, cincang ayam menjadi potongan-potongan kecil. dalam mangkuk bercampur garam, enchancer, gula, saus tiram, jahe, xiao xing anggur, daun bawang, saus bumbu dan sagu. Campur daging ayam cincang dengan semua bahan di atas hingga merata.


untuk membuat xiao long bao, ambil kulit xiao long bao yang sudah berbentuk lingkaran, kemudian taruh isian nya dan letakan di bagian tengah kulit, tekan sedikit hingga berbentuk seperti mangkuk lalu jepit ujung kulit sedikit demi sedikit dengan ujung ibu jari dan telunjuk, jepit hingga semua bagian isi tertutup dan berbentuk bulat. Inilah hasil xiao long bao buatan kelompok kami, yang kemudian akan di steam selama kurang lebih 30 menit


Sambil menunggu xiao long bao kami matang, mari lanjutkan dengan belajar membuat vegetable bun (bakpao isi sayuran).


Vegetable Buns
Untuk kulitnya terbuat dari campuran tepung terigu kaya protein, gula, baking powder, yeast powder, white shortning dan air.Aduk semua bahan dalam mixer selama 10-15 menit sampai mengembang.


Sedangkan untuk isiannya, campurkan potongan wortel, jamur, dan pakcoy lalu masukan ke dalam air mendidih, rebus sebentar. Kemudian tiriskan, tambahkan sedikit garam, gula, sesame oil, garlic oil. Bentuk isian seperti bola-bola sayur kira-kira 20 gram, lalu letakkan di bagian tengah adonan kulit, lalu bungkus, Diamkan adonan sebentar, lalu steam selama kurang lebih 5 menit. 

Selama menunggu xiao lung bao dan vegetable bun kami di steam, disajikan lamien untuk seluruh peserta cooking class. Lamien merupakan salah satu menu andalan juga di Paradise Dynasti. Lamien disini dibuat langsung begitu dipesan, komsumen pun bisa melihat proses pembuatan lamien nya karena Paradise dynasty menerapkan sistem open kitchen. Lamien ini diberi topping daging ayam cincang dengan rasa gurih dan sedikit  spicy, saya sukaa sekali, rasanya menurut saya lebih enak yang ini daripada lamien kuahnya.


Akhirnya xiao long bao kami sudah matang, hmm gimana penampilannya? cukup ciamik lah ya untuk para pemula masuk dapur seperti kami yang sama sekali belom punya pengalaman masak hehehe rasanya juga enak. Setiap warna Xiao Long Bao ini menjelaskan isi campuran nya, dan baiknya dimakan berurutan mulai dari rasa paling light original (putih) , ginseng (hijau) , foie gras (cokelat), jamur black truffle (hitam), keju (kuning), crab roe (oranye), garlic (abu-abu), dan diakhiri dengan jamur szechuan (pink) yang mempunyai rasa paling kuat.


Xiao Long Bao dinikmati dengan cara yang cukup unik. Pertama, angkat Xiao Long Bao, gigit sebagian kulit Xiao Long bao dari arah samping untuk mengeluarkan kaldu dan daging isi, tambahkan irisan jahe dan cuka, lalu makan Xiao long bao seluruhnya dalam sekali hap. Nyam nyam nyam enaakk..
.

Nah selanjutnya vegetable buns kami pun juga sudah matang dan siap disajikan. Ternyata selain bentuknya bagus *narsis* ternyata rasanya juga enak hehehe horayy ternyata cooking class hari ini berhasil. Oiya menu bapao ini juga cocok untuk vegetarian loh, karena isiannya hanya sayuran dan jamur. Rasanya enakk.


Bentuknya lumayan bagus juga ya buat hasil dari amatiran seperti kami. Saking bangganya kami pun foto bareng bersama hasil olahan kami selama cooking class ini *muka sumringah bahagia* hahahahaha


Sponge Cake as a dessert


Saya sangat senang bisa gabung dalam cooking class di Paradise Dynasti ini. Dimana lagi bisa bertemu banyak teman baru dan belajar bagaimana membuat  xiao long bao yang lezat. Terimakasih banyak untuk Groupon ID dan Paradise Dynasty untuk kesempatan ini. Sukses selalu :)


 ( thanks to myfunfoodiary for the picture with apron )


Paradise Dynasty Legend of Xiao Long Bao
Plaza Senayan, 5th Floor Unit CP 512-513,
Jl. Asia Afrika No. 8, Jakarta
Tel. (021) 5790-0146 
twitter : @paradiseindo

1 comments:

Unknown said...

Hii... thanks buat artikelnya... ada yg mau saya tanyain dooonk...
Kemarin saya baru coba bikin xiao long pao, tapi hasilnya ga bagus, karena wrapper nya tidak bisa nahan kuahnya dan akhirnya kuahnya merembes.
Kalau dibuat terlalu tipis wrapper nya tidak bisa menaham kuah nya
Kalau wrapper nya dibuat tebel, hasilnya kulit xiao long pao nya jadi tebel dan keras setelah di steam
Bagusnya untuk adonan kulit xiao long pao pake tepung apa ya? Dan brand tepung nya apa ya?
Thanks

Post a Comment